Celoteh anak nyasar

Hmmm… uda Hampir 6 bulan gue nyasar ke kota antah brantah ini… well apa lebih tepatnya kusebut desa ya… Ahh desa ga semodern ini kali ya. Setidaknya desa di Indonesia.

Okeh… Aku nyasar di Wellington. Ibukotanya New Zealand. Kalo gue bilang ibukota mungkin kelen bakal mikir kaya Jakarta yang metropolitan itu. Tapi ini bukan… Bahkan ga kayak Medan… (Maafkan gaya bahasa Medanku…)

Lalu kota ini kayak apa?

Disini penduduknya bisa dibilang sedikit banget. Ga cuma di Wellington, tapi juga di kota-kota lainnya. Kecuali Auckland yang emang agak rame karna pusat bisnis. Tapi ya gitu deh… Trus juga karna letaknya, disini rawan gempa, juga sering dilanda angin kencang. Jadi ga banyak bangunan tinggi. Kaya Padang kali ya? Tapi ya isinya banyakan bule.

Nah karna penduduknya dikit, mereka welcome banget ama pendatang. Karna New Zealand ini negaranya indah dan damai, banyak banget penduduk dari seluruh penjuru dunia yang pengen tinggal disini. Penduduknya jadi bervariasi dari belahan bumi mana aja… Ga ada kaum mayoritas ato minoritas. Palingan warna kulit aja yang paling kentara.

Lalu baru-baru ini New Zealand tiba-tiba jadi terkenal karena penembakan di mesjid di Christchurch. Tiba-tiba jadi viral di seluruh dunia karna penembaknya menyiarkan live di facebook seakan-akan lagi main game CS. Loe semua pasti da nonton video nya donk ya? But please… Hapus yah… Jangan di sebar lagi. Trus apa dampaknya kejadian ini ama gue?

Awalnya tau kejadian ini cuma sekilas di share ama temen di group WA kelompok anak-anak Asia Tenggara yang tinggal di NZ. Mayoritas group itu orang Malaysia. Tapi cina semua. Karna cuma baca sekilas gue ga tau kejadiannya se-tragis itu. Then ada temen dari Medan nanyain keadaan gue. Dengan becanda gue jawab ke temen gue, “Aman bos… Gue kan gak Jumat’an.” Serius. Waktu itu gue pikir ga separah ini kasusnya. Sampe semua orang di seluruh dunia heboh. TV, medsos semua isinya kasus ini, barulah gue liat videonya… Itu orang bro… Loe pikir game? Gila loe.

Tiba-tiba gue khawatir sama negara asal gue. Bukan China ye… Gue asli orang Indo, mbok… Gimana ya respon Muslim di Indonesia? Yang sensitif banget ama agama “satu itu” (maap). Plus solidaritasnya super tinggi. Yang di Arab mah kalah… Apa bakal ada lagi bom gereja buat balas dendam? Atau mungkin demo bakar KFC? Eh… KFC mah punya Amrik… Trus punya Aussie apa ya? Berhubung si penembak orang Aussie. Emmm… Orang Indo ga bakal tau bedanya kali ya. Menurut mereka bule yah sama semua… kalo ga gereja, itu KFC. Mumpung ayamnya enak.

Trus 2 hari setelahnya mulai heboh di group WA bekas kolega lama. Mereka mayoritas muslim. Satu kolega ngirim videonya dengan marah ngomong, “Bro… yang ditembak itu temen “kita”, bro… Muslim… Lagi Jumat’an… Kalo di Indo mah uda kita bakar rame-rame itu orang.” Tiba-tiba gue keinget seorang guru pernah ngomong, sebenernya yang selalu bikin masalah itu kata “aku” ato “kita”. Trus gue mikir… kalo yang di tembak bukan temen “kita”, apa ga masalah? Kalo kejadiannya di mall misalnya, yang ditembak bule semua, jumlahnya sama… 49 orang. Kagak masalah gitu? Tapi gue diem aja… Secara gue minoritas. Wkwkwk…

Namun yang bikin gue lega, akhirnya ada yang ngomong, “Tenang, bro… Itu videonya tolong di apus, bro. Jangan sebar lagi. Kan emang yang di mau ama penembaknya itu. Pengen terkenal. Pengen bikin Muslim ketakutan. Loe marah-marah juga ga guna. Mending doa’in mereka dan keluarga mereka.” Trus ada lagi yang nimbrung, “Bener tuh… Hapus videonya. Tunjukin kalo Muslim itu cinta damai. Jangan marah-marah. Kita doain korban disana. Yang nembak biar Allah dan hukum disana yang ngurus.” Bacanya lega banget gue… Semoga lebih banyak lagi temen-temen Muslim yang sebijak itu. Dan tentu… Aku tetep silent reader.

Trus balik lagi disini gimana keadaanya? Well… Aku ga pernah liat solidaritas sekeren ini… Di jalan-jalan di mana aja bisa keliatan tulisan “We love Muslim”, “NZ stands together”, “Fight against terrorism”. Lebih keren lagi, Jumat seminggu setelah kejadian itu, semua cewe-cewe make jilbab… Trus semua orang berjaga-jaga di masjid buat jagain temen Muslim yang lagi Jumatan. Bahkan kantor-kantor ngasih waktu break 2 jam buat karyawannya ikut aksi solidaritas itu. Ini terjadi di seluruh New Zealand, bukan cuma Christchurch.

Kemudian untuk ikut berkabung, mereka rela ngumpul di lapangan sebagai aksi solidaritas (ps. Ga ada nasi bungkusnya). Bahkan keliatan seorang kakek umur 95 taon, bekas tentara NZ di perang dunia ke dua, juga ikut ngumpul di lapangan. Keren?

Lalu respon gue? Hmmm… Bule-bule itu ga pernah tinggal sebagai minoritas di negara yang mayoritas muslim. Ga pernah di ganyang. Ga pernah di tindas. Makanya bisa ampe segitunya. Yes… Pikiran macam gini sempat nongol. Untungnya kepikiran lagi… Emangnya korban penembakan itu pelaku ganyang dan penindas di Indonesia? Haiya… Sori sori… Lagi-lagi si “aku” bekerja. Karna yang di ganyang dan di tindas itu kaum “ku”, maka jadi masalah. So apa bedanya gue sama si kawan satu itu.

Akhir kata, gue bener-bener kagum sama cara kerja pemerintah di NZ. Dan spontan gue langsung nge-fans sama PM nya. Semua pidatonya bener-bener menyentuh dan pola pikirnya sesuatu banget. Gue ga tau dia punya juru tulis yang pinter ato itu emang dari dia sendiri, tapi setiap kata-katanya bikin gue tersentuh. Terutama yang translate nya kira-kira begini…

“Hanya satu yang menjadi pusat perhatian kita untuk tragedi ini. Teman-teman Muslim kita. Para korban dan keluarganya. Mari kita ingat selalu nama teman-teman korban kejadian ini. Kalian boleh menceritakan tentang mereka. Namun si pelaku teror tersebut, hanyalah seorang kriminal, seorang extrimis, dan dia tidak akan punya ruang di mana pun. Bahkan namanya tidak akan di ingat. Jangan beri dia apapun. Walaupun hanya sebuah nama.”

Damn… Ini super. Pas awal kejadian, gue malah search nama orang itu di medsos. Kenapa orang itu pake live di facebook? dia pengen terkenal mbok… Trus kita masuk jebakan batman bareng-bareng bikin namanya terkenal. Untung pemerintah NZ pinter, mereka minta nama itu di hapus dari semua jejaring sosial. Dan minta masyarakat buat hapus videonya dan lupain nama orang itu. Bener… Jangan kasih dia apapun… Apalagi bikin dia terkenal.

Akhir kata, bangga banget rasanya tinggal disini walaupun cuma sebentar. Banyak hal-hal baru yang kupelajari. Dan untuk pemerintah NZ, gue kasi jempol gede atas respon yang begitu cepat dan menyentuh terhadap kasus ini. Semoga kejadian serupa tidak akan terjadi lagi, di NZ, di Indonesia, maupun di belahan bumi manapun. Terhadap suku dan agama apa pun. Hilangkan si “aku” dan “kita”. Maka tak ada lagi perbedaan.

e425d18e102a8c549f043340ba35e1f8a7764b7f

Kristin_chan

Cuma lagi nyatet pikiran yang nongol gara-gara kebaca spanduk “Let’s stand together”